Gua Tetes, Perpaduan Sempurna Antara Air Terjun dan Gua.


Gua Tetes, pasti kalian yang berdomisili di Jawa Timur khususnya Malang dan Lumajang pasti familiar dengan Gua Tetes ini. Karena gua Tetes ini merupakan wisata andalan kabupaten Lumajang setelah Gunung Semeru, tentunya. Terletak di lereng bagian selatan dari Gunung Semeru. Tepatnya di desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang lah tempat ini berada. Tak jauh dari jalan Raya Malang-Lumajang membuatnya tak begitu sulit untuk ditemukan.
Dinamakan gua Tetes karena di mulut gua ini terdapat aliran air terjunnya. Di objek wisata ini kita bisa menikmati air terjun dan gua sekaligus. Di gua Tetes, anda bisa menjumpai beberapa gua yang tidak begitu luas namun dihiasi oleh banyaknya stalaktit dan stalakmit di sekelilingnya. Di luar guanya pun masih terdapat air terjun yang banyak. Bentuknya pun unik, berundak-undak seperti terasering di lereng bukit.

Untuk menuju gua Tetes, jika anda dari Lumajang arahkan kendaraanmu menuju Sumbersuko-Tempeh-Pasirian-Candipuro-Pronojiwo. Atau jika kamu dari Malang/Blitar arahkan kendaraanmu menuju Kepanjen-Gondanglegi-Turen-Dampit-Tirtoyudo-Ampelgading-Pronojiwo. Kemudian anda akan menjumpai panah/banner sebagai petunjuk arah ke Gua Tetes. Ikuti saja petunjuk tersebut. Setelah sampai anda akan dikenakan tarif parkir Rp 5.000,-/motor dan tiket masuk Rp 3.000,-/orang.

Fasilitas yang ada di tempat ini yaitu kamar mandi/toilet, mushola, warung makan dan kamar ganti. Sebelumnya, saya pernah kesini guys, tepatnya saat saya berkunjung ke Coban Tumpak Sewu. Namun karena cuaca memburuk saya hanya bisa menikmati bagian bawahnya saja. Hehehe





Telaga Biru, cocok buat berenang maupun berendam



Dan inilah pemandangan Gua Tetes bagian atas:






















Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk segera naik ke atas.
  2. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  3. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  4. Gunakan sandal anti selip agar tidak mudah terpeleset.
  5. Siapkan fisik anda.
  6. Jangan malu bertanya agar tidak tersesat.
Koordinat GPS: 08°14′02.9″S 112°55′08.7″E

Komentar

Posting Komentar

Menerima Kripik, Saran, dan Paido