Coban Pletes yang Mempesona

Pernah dengar Coban Pletes? Agak asing di telinga ya? Memang. Karena air terjun ini baru beberapa bulan dibuka sebagai tempat wisata. Berawal dari info yang diberikan seorang kawan yang pernah ke sana. Akhirnya saya bergegas menuju desa Sukodono, kecamatan Dampit, Malang. Setelah sampai di desa Sukodono, saya kemudian mencari dusun Pletes, lokasi coban ini berada, Air terjun ini berada di area perkebunan kopi warga. Di area air terjun ini terdapat 2 air terjun utama.
Informasi Rute 

1.Jika kamu pakai kendaraan pribadi:

Dari Malang / Kepanjen: Pacu kendaraanmu menuju Gondanglegi-Turen-Dampit. Tiba di Masjid Agung Darussalam kota Dampit lurus saja, nanti ada pertigaan belok kanan menuju desa Sukodono. Ikuti jalan tersebut tiba di perempatan Sukodono tanya warga ke air terjun Coban Pletes.


Dari Lumajang: arahkan kendaraan anda menuju Sumbersuko-Tempeh-Pasirian-Candipuro-Pronojiwo-Ampelgading-Tirtoyudo-Dampit. Sebelum tiba di perempatan Dampit, ada pertigaan. Belok kiri menuju desa Sukodono. Ikuti jalan tersebut tiba di perempatan Sukodono tanya warga ke air terjun Coban Pletes

Informasi Harga Tiket Masuk dan Parkir

1. Harga Tiket Masuk = Belum ada
2. Harga Parkir= Belum ada (Harap memberi imbalan seikhlasnya ke tempat penitipan kendaraan)

Fasilitas

Air terjun Coban Plethes dan Coban Thombu ini masih alami. Jadi belum ada fasilitas apapun di sini

Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan

Akses menuju air terjun Coban Plethes dan Coban Thombu sebenarnya ini sudah mulus. Namun, jalur 2,5 km terakhir, jalan yang dilalui berupa jalan makadam sepanjang 1 km. Jalan beton dengan lebar kurang lebih 1 meter sejauh 1 km. Dan 500 meter terakhir merupakan jalan setapak. Jadi, ke 2 air terjun ini hanya cocok untuk Wisata Alam saja.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan


Nah, jika kamu ingin berlibur ke air terjun Coban Pletes dan Coban Tombhu ini. Beberapa aktivitas ini bisa kamu lakukan di sana supaya liburanmu tambah seru:
  • Main Air. Air terjun Coban Pletes dan Coban Thombu ini memiliki air yang lumayan nyegerin karena lokasinya berada di perbukitan Malang selatan. Jadi ya cocok banget buat main air atau sekadar cuci muka atau ngrendem kaki doang.
  • Berenang. Air terjun Coban Thombu dan Coban Pletes ini memiliki kolam di bawah air terjunnya yang bisa kamu pakai buat berenang. Oh iya, kolam nya lumayan dalam lho. Jika kamu belum mahir berenang, jangan coba-coba berenang ke tengah. Selain dalam, ada juga pusaran airnya walau gak terlalu besar.
  • Piknik Bersama Kawan. Ketika berlibur ke air terjun Coban Pletes dan Coban Thombu ini ajak juga teman-temanmu buat bakar jagung maupun bakar ayam. Tapi setelah selesai bakar-bakarnya, siramkan air ke baranya biar nanti gak memicu kebakaran.
Kendaraan yang Bisa Masuk

Akses menuju air terjun Coban Pletes ini sebenarnya sudah lumayan enak. Namun 2,5 km jalur terakhir menuju Coban Pletes ini kurang memadai untuk dilalui kendaraan roda 4. Jadi hanya kendaraan  roda 2 saja yang bisa mengakses air terjun Coban Pletes ini. Yaitu:
  • Sepeda
  • Sepeda Motor

Tempat Wisata di Sekitar





Gambar Belum Tersedia
Waduk Kali Ungkal
Mbrasak Yuk




Hari Minggu nih.... Waktunya liburan!! Tapi liburan kemana ya!? Bingung nih. Ahaa... Tanya mbah gugel aja deh.  "Mbah, air terjun di sekitar sini yang bagus mana mbah?" Mbah Gugel pun menjawabnya dengan menampilkan beberapa artikelnya. Hingga akhirnya saya dapat artikel tentang Coban Pletes di wilayah kecamatan Dampit.

Setelah mencari beberapa informasi, akhirnya Minggu siang itu pun,. Aku berangkat ke air terjun Coban Pletes di desa Sukodono. Setibanya di perempatan Sukodono (yang ada banner Coban Tundo 3(Kalau  gak salah), aku belok  kanan menuju ke arah desa Sidoasri/Pantai Tambakasri.

Setibanya di dusun Pletes, saya bertanya pada warga lokal mengenai letak Coban Pletes. Setelah mengikuti petunjuk yang diberikan warga, akhirnya saya bertemu dengan plang ini. Jika kamu bertemu dengan plang di bawah ini, maka kamu sudah dekat dengan air terjun Coban Pletes:
Aslinya masih 1 km an. Tapi intinya tetap semangat.

Setelah melewati plang tersebut, kamu bisa memilih untuk parkir di rumah warga atau di tengah perkebunan kopi. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan melalui jalan setapak yang melintasi perkebunan kopi milik warga sekitar. 15 menit kemudian, aliran Coban Pletes 1 mulai terlihat di balik rimbunnya perkebunan kopi.


Dan inilah view dari Coban Pletes :





Setelah puas menikmati Coban Pletes . Saya melanjutkan Coban Thombu yang berada di atas aliran Coban Pletes . Setelah berjalan 10 menit. Tibalah saya di Coban Thombu. Di bawah air terjun ini terdapat kolam yang hijau. Dibuat untuk mandi segar tuh kayaknya.







Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk segera pulang, agar tidak terjebak banjir / longsor.
  2. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  3. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  4. Gunakan sandal anti selip.
  5. Jangan malu bertanya, agar tidak kesasar.
  6. Bagi yang belum / baru bisa berenang dianjurkan tidak berenang di bawah air terjun ini. Ada pusaran airnya bro. Kalau ga ngerti teorinya bisa tenggelam.
Koordinat GPS:

  1. Coban Tombhu : 08°18′16.1″S 112°45′37.8″E
  2. Coban Pletes : 08°18′15.3″S 112°45′41.1″E

Komentar