Trip Extreme ke Coban Telaga Warna


Coban Telaga Warna adalah salah satu coban tersembunyi di perbatasan desa Purwoharjo dan desa Sidorenggo, kecamatan Ampelgading, Malang. Coban ini memiliki ketinggian sekitar 90 meter. Kenapa dinamakan telaga warna? Karena di bawah coban ini terdapat telaga / danau kecil berwarna hijau-hijau bening gitu. Mantap... Air terjun ini berada sekitar 1 km di bawah Coban Ciblungan. Jadi bisa sekalian mampir ke Coban Ciblungan juga.


Akses ke Coban Telaga Warna ini lumayan bagus. Jika kamu dari Malang/Blitar, arahkan kendaraan anda menuju Kepanjen - Gondanglegi - Turen - Dampit - Tirtoyudo - Ampelgading. Atau jika kamu dari Lumajang, kamu harus melalui Sumbersuko-Tempeh-Pasirian-Candipuro-Pronojiwo-Ampelgading. Kemudian ada banner Air Terjun Telaga Warna. Ikuti petunjuk menuju air terjun tersebut hingga sampai tempat parkir. Sampai di tempat parkir, kita akan dikenai karcis parkir sebesar Rp 5.000,-

Nah, anda pun bisa memilih turun melalui desa Sidorenggo maupun desa Purwoharjo dengan akses yang berbeda pula. Jika kamu melalui desa Purwoharjo jalur trekingnya mencapai 400 meter dengan beberapa turunan yang cukup curam. Namun, jika melalui desa Sidorenggo jalur trekingnya 300 meter dengan rincian 200 meter jalan menurun melewati kebun kopi dilanjutkan 100 meter melewati jalan tanah yang sangat curam sehingga warga di sini membuatkan tangga agar wisatawan bisa mencapai air terjun. Nah, berikut pemandangan coban Telaga Warna:

Banner larangan di Coban Telaga Warna










Nah, di bawah Coban Telaga Warna ini masih ada 1 coban lagi yaitu Coban Panca Warna. Yah walau tingginya cuma 8 meter. Lumayan kan buat bonus ?! 


Saran Ane:
  1. Awasi keluarga atau teman anda yang ikut berwisata di coban ini agar tidak terjadi hal-hal buruk..
  2. Jika cuaca memburuk menjauh dari sungai.
  3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  4. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  5. Gunakan sandal anti selip agar tidak mudah terpeleset.
  6. Siapkan fisik anda.
  7. Jangan malu bertanya agar tidak tersesat.
Koordinat GPS: 08°14′53.1″S 112°54′24.1″E

Komentar