Tak Perlu Capek ke Coban Ciblungan


Coban Ciblungan adalah coban yang berada di dusun Kebon Pring, desa Purwoharjo, kecamatan Ampelgading, kabupaten Malang.Coban ini berketinggian sekitar 12 meter. Memang tak begitu tinggi, namun yang membuatnya unik adalah munculnya mata air di sisi tebing dan membuat air terjun kecil. Sehingga Coban Ciblungan ini menurut saya adalah miniatur dari Coban Sewu yang berada tak jauh dari Coban ini. Di bawah coban ini terdapat kolam yang dalamnya sekitar lutut orang dewasa sehingga bisa membuat si kecil bisa berenang di dalamnya. Jadi  coban ini menjadi tujuan wisata keluarga anda.
Akses ke coban Ciblungan ini sudah sangat nyaman. Yaitu jika anda dari Blitar/Malang, arahkan kendaraanmu ke Kepanjen-Gondanglegi-Turen-Dampit-Tirtoyudo-Ampelgading. Jika dari Lumajang , anda harus melalaui Sumbersuko-Tempeh-Pasirian-Candipuro-Pronojiwo-Ampelgading. Sampai di Ampelgading, cari banner Coban Ciblungan yang berada di pinggir jalan raya Lumajang-Malang. Kemudian ikuti saja petunjuk yang ada hingga tiba di parkiran Coban Ciblungan. Nah, di sini anda hanya akan dikenakan karcis parkir saja sebesar Rp 5.000,-/kendaraan. Kemudian dilanjutkan jalan kaki 50 meter. Tak begitu jauh bukan ?!


Fasilitas di coban Ciblungan antara lain kamar mandi dan ganti, jembatan bambu, dan pondok bambu. Fasilitas yang ada pun masih sederhana namun cukup menambah kesan keasrian tempat ini karena hanya dikelola oleh warga lokal saja. Dan berikut pemandangan Coban Ciblungan: 


















Bonus: Air terjun di selatan Coban Ciblungan




Saran Ane:
  1. Awasi keluarga atau teman anda yang ikut berwisata di coban ini agar tidak terjadi hal-hal buruk..
  2. Jika cuaca memburuk menjauh dari sungai.
  3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  4. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
Koordinat GPS:08°14′29.9″S 112°54′22.6″E

Komentar