Pantai Licin, Si Hitam di Ujung Timur Malang


Pantai berpasir hitam nan eksotis ini berada di ujung timur kabupaten Malang. Terletak di dusun Licin, desa Lebakharjo, kecamatan Ampelgading, Malang. Dinamakan pantai Licin karena dulunya di pinggir pantai ini terdapat lumut. Selain itu, dulu pantai ini kerap dilanda banjir bandang yang membawa lumpur dari hulu sungai. Sehingga pantai ini menjadi licin. Untuk sampai di pantai Licin pun dibutuhkan kondisi fisik dan kendaraan yang prima. Karena jalurnya lumayan menantang.
Untuk menuju pantai ini, jika kamu dari Malang, ikuti jalan Malang-Lumajang melalui Gondanglegi-Turen-Dampit-Tirtoyudo-Ampelgading. Kemudian cari petunjuk ke arah desa Lebakharjo, Ampelgading. Atau jika dari Lumajang, anda bisa melalui Sumbersuko-Tempeh-Pasirian-Candipuro-Pronojiwo-Tempursari. 

Untuk menuju Pantai ini kamu bisa lewat 2 jalur yakni lewat jalur barat melalaui dusun Lebakasri-dusun Licin. Untuk jalur barat khusus motor saja dan untuk motor matic not recomended banget. Karena jalannya mayoritas makadam dan sempit pula hanya cukup untuk berpapasan dengan 2 motor. Sampai dusun Licin, jalan kembali lebar.

Atau lewat jalur timur yaitu dari desa Lebakharjo menyeberang ke desa Purorejo, kecamatan Tempursari. Lalu sampai di desa Tegalrejo, Tempursari anda harus menyeberang lagi melalui jembatan / sesek kayu yang berada di atas aliran kali Glidik yang merupakan aliran lahar gunung Semeru. Di jembatan / sesek tersebut anda akan dikenakan tarif masuk untuk biaya perawatan sesek tersebut. Untuk melewati sesek tersebut anda harus berhati-hati karena tidak ada pagar di sesek tersebut. Lengah sedikit bisa nyebur ke Kali Glidik yang alirannya deras banget.

View Lembah Kali Glidik
Jembatan Kayu / Sesek Kayu di atas Kali Glidik

Sesampainya di dusun Licin, anda akan disambut pantai berpasir hitam yang berada persis di bawah pemukiman warga dusun Licin, desa Lebakharjo.





Eits tapi ini bukan tujuan saya. Karena pantai Licin yang indah dan banyak pulau di depannya masih ke barat lagi sekitar 1 km. Pantai Licin ini berbeda dari mayoritas pantai di kabupaten Malang yang berpasir putih maupun coklat. Pantai Licin ini memiliki pasir berwarna hitam. Pasir hitam ini berasal dari material erupsi gunung Semeru yang terbawa oleh aliran Kali Manjing, Kali Sriti, dan Kali Glidik yang mengalir ke Samudra Hindia. Dan kemudian pasir hitam tersebut tersapu ombak hingga terbawa ke Pantai Licin. Berikut pemandangan pantai Licin yang berhasil kuabadikan.
















Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk, segera pulang. Dikhawatirkan nanti terseret gelombang laut atau kondisi jalan semakin licin.
  2. Mandi di laut tidak disarankan karena ombaknya ganas
  3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  4. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  5. Gunakan sandal anti selip agar tidak mudah terpeleset.
  6. Siapkan fisik dan kondisi motor anda. Semua harus prima
  7. Jangan malu bertanya agar tidak tersesat.
Koordinat GPS:
  1. Pantai Licin Timur : 08°21′30.1″S 112°56′51″E
  2. Pantai Licin Barat : 08°21′49.2″S 112°56′44.4″E

Komentar