Dapat Bonus di Coban Kapas Biru


Pronojiwo, kecamatan di sebelah selatan Gunung Semeru ini ternyata juga menyimpan banyak potensi wisata air terjun. Bahkan mayoritas ketinggian air terjun di Pronojiwo mencapai 100 meter bahkan lebih! Salah satunya adalah Coban Kapas Biru. 

Coban Kapas Biru ini bertingkat 2 dengan tingkat bawah setinggi 90 meter dan tingkat atas setinggi 10 meter dan diapit tebing. Coban ini memiliki aliran air yang deras banget. Jadi, jangan mandi langsung di bawah air terjunnya ya. Nanti yang dirasakan bukannya pijatan air malah seperti ditimpuk batu. Hahaha. 


Akses jalan menuju tempat wisata ini sudah cukup bagus. Jika anda dari Malang arahkan kendaraan anda menuju Kepanjen-Gondanglegi-Turen-Dampit-Tirtoyudo-Ampelgading-Pronojiwo hingga tiba di polsek Pronojiwo. 100 meter setelah polsek Pronojiwo, terdapat banner Coban Kapas Biru nah ikuti saja petunjuk tersebut. Jika anda dari Lumajang, ikuti jalan nasional Lumajang-Malang yakni melewati Sumbersuko-Tempeh-Pasirian-Candipuro-Pronojiwo hingga sampai di lapangan Pronojiwo. 300 meter setelah lapangan, terdapat banner Coban Kapas Biru. Ikuti petunjuk tersebut hingga tiba di tempat parkir. Fasilitas air terjun Kapas Biru ini antara lain toilet, warung makan, tempat parkir, dan gazebo.

Harga karcis parkir di sini adalah Rp 5.000,-/sepeda motor. Dari parkiran air terjun ini berjarak sekitar 1,5 km. Setelah melewati kebun salak warga, terdapat pos. Di sini anda akan dikenakan tarif 5.000,-/orang. Setelah melewati pos, jalan yang dilewati rata-rata menurun tajam dan banyak tikungannya. Namun jangan khawatir, di sini juga tersedia pagar bambu dan tangga besi untuk memudahkan pengunjung untuk melewatinya. Selama perjalanan anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah seperti hutan, lembah, dan air terjun musiman.






 Nah, setelah itu anda akan melewati jembatan bambu ini.



Dan sampailah kamu di Coban Kapas Biru. Selamat menikmati panoramanya:















Saran Ane:
  1. Jika cuaca memburuk, segera naik ke atas agar terhindar dari terjebak/terseret banjir.
  2. Siapkan fisik anda karena trekingnya lumayan jauh dengan jalur yang naik turun.
  3. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  4. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  5. Gunakan sandal anti selip agar tidak mudah terpeleset.
Koordinat GPS: 08°13′11.1″S 112°56′23.5″E

Komentar